Ramadhan Sebentar lagi, Sudah Siapkan Diri?

Ramadhan tiba
Ramadhan tiba
Marhaban ya ramadhan
Marhaban ya ramadhan
Marhaban ya ramadhan
Marhaban ya ramadhan

Lagu ciptaan Opick tersebut merupakan salah satu lagu yang cukup populer. Lagu tersebut menggambar perasaan suka cita menyambut Ramadhan yang penuh berkah. Memasuki bulan Sya’ban kita mulai banyak mendengar berbagai persiapan menyambut Ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini dinantikan seluruh umat islam di dunia. Menjalankan puasa Ramadhan dapat melatih kesabaran dan menahan hawa nafsu, kita juga akan hidup lebih teratur. Pola makan yang teratur membuat kita lebih sehat. Setiap umat Islam diwajibkan berpuasa selama bulan Ramadhan.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (QS al-Baqarah : 183).

Apa sih yang perlu dipersiapkan untuk meyambut bulan Ramadhan?
Coba kita baca dan ingat, apakah sudah kita persiapkan.
1. Meng-qadha’ Puasa (mengganti puasa)
Sebelum menjalankan puasa Ramadhan, sudahkah kita mengqadha’ puasa (membayar hutang puasa) tahun lalu. Kesibukan sehari-hari membuat sebagian orang lupa dengan kewajiban mereka untuk mengqadha’ puasa. Oleh sebab itu akan lebih baik jika kita segera mengqadha puasa sebelum Ramadhan datang.
2. Membuat Jadwal untuk Bulan Ramadhan
Mengapa kita harus membuat jadwal untuk bulan Ramadhan? Agar kegiatan kita lebih teratur. Saat memasuki bulan Ramadhan kegiatan sehari-hari kita akan sedikit berbeda dengan hari biasanya. Contohnya, kita harus bangun lebih awal untuk mempersiapkan makan sahur keluarga. Bagi para pembisnis dan pekerja tentu akan ada perubahan jadwal kerja. Semuanya itu perlu dijadwal ulang agar kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Jadwal dapat kita tulis pada buku harian atau note handphone. Jika tidak ingin membuat jadwal, kita hanya perlu mengatur jadwal dengan cara mengingatnya.
3. Mempersiapkan Keimanan Diri.
Setiap muslim menantikan Ramadhan yang penuh berkah. Kita dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Misalkan dengan melatih diri menahan hawa nafsu, dan melatih kesabaran. Bagi sebagian wanita terasa sangat menyenangkan ketika berkumpul bersama teman-temanya, hal yang tidak dapat dihindarkan adalah bergosip, inilah yang perlu dilatih agar saat puasa sudah terbiasa dan puasa kita tidak sia-sia. “bukan hanya menghindari gosip saat puasa saja, tapi untuk setiap hari” dilatih mulai sekarang ya . Jika memang tidak ada pekerjaan, akan lebih baik jika diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Dan jangan lupa untuk berdoa agar kita dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan “Ya Allah berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan”.
4. Mempersiapkan Jasmani Kita.
Mengapa perlu untuk mempersiapkan jasmani? Tentu saja agar kita dapat beraktifitas dengan baik selama berpuasa. Jika kita sakit karena tidak mempersiapkan jasmani, kita akan rugi karena pahala saat bulan Ramadhan berkali-kali lipat. Siapkan jasmani dengan menjaga pola makan (konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan halal), menjaga kebersihan lingkungan dan olah raga. Jika kita memiliki sakit tertentu seperti maag, perlu diperhatikan dan dipersiapkan obat yang biasa dikonsumsi agar tidak mengganggu puasa kita.
5. Memperkaya Ilmu yang berhubungan dengan Ramadhan
Agar kita tidak salah memahami ilmu yang sudah kita ketahui sebelumnya, tidak ada salahnya jika kita memperkaya ilmu kita dengan cara membaca buku fiqih atau menghadiri majelis taklim yang banyak membahas tentang islam (Ramadhan). Karena ibadah yang tidak disertai pengetahuan yang baik, ibadahnya akan tertolak atau sia-sia.
6. Mempersiapkan Sedekah
Sudah begitu banyak rizki yang Allah berikan kepada kita. Bukan hanya rizki berupa harta benda, namun kesehatan, keluarga yang baik, dan masih banyak lagi, itu semua patut untuk kita syukuri. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan sedekah dan zakat kita ya. Saling berbagi tidak saja berpahala namun juga menentrakan hati.
7. Saling Bermaaf-maafan.
Persiapan lain sebelum memulai puasa Ramadhan adalah saling bermaaf-maafan. Di Indonesia menjelang puasa Ramadhan umat Islam saling bermaaf-maafkan. Jika tidak bisa bertemu langsung, mereka akan mengucapkan melalui telefon atau sms. Karena sebagai seorang manusia tidak jarang kita melakukan kesalahan yang menyakiti orang lain, oleh sebab itu lebih baik jika kita saling bermaaf-maafan sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Awal Ramadhan nanti akan kita mulai dengan sholat tarawih bersama-sama di Mushola atau Masjid. Mendengarkan ceramah Islami seusai sholat tarawih. Dilanjutkan dengan ibadah lain seperti tadarus Al-Qur’an. Bangun untuk makan sahur dan dilanjutkan dengan puasa wajib dan aktifitas lainnya. Dengan menjalankan serangkaian ibadah Ramadhan, kita juga harus tetap menjaga sholat wajib kita. Karena tidak jarang seseorang lalai menjalankan sholat wajib karena sibuk atau merasa lelah disiang hari.
Sudahkah kita mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan? 
Mari kita persiapkan mulai dari sekarang 

Penulis : Lisa (admin La Vieta ButiQ)

Novita Ariestanty

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *