3 Amalan Utama di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

3 Amalan Utama di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Ada 3 Amalan Utama di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan hal yang paling diistimewakan oleh masyarakat muslim saat berpuasa. Ada beberapa alasan mengapa ibadah dalam 10 hari terakhir bulan ramadhan sangat istimewa. Silahkan simak penjelasan berdasarkan hadis berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُولُ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim)

Hadis tersebut menjelaskan bahwa 10 hari terakhir bulan ramadhan merupakan penutup bulan ramadhan yang penuh berkah. Rasulullah SAW mencintai 10 malam terakhir bulan ramadhan, karena sangat istimewa. Dan juga malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan. Serta Rasulullah SAW mengingatkan umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 terakhir bulan ramadhan.

3-Amalan-Utama-di-10-Hari-Terakhir-Bulan-Ramadhan-lavieta-butiq

Baca Juga Hukum Sholat Tarawih Sendiri di Rumah

Adapun 3 Amalan Utama di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan yang harus dilakukan diantaranya adalah :

1. Memperbanyak Sedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan utama di 10 hari terakhir ramadhan sebagai ungkapan rasa syukur, serta penyempurna ibadah puasa dan ibadah lainnya. Tidaklah sempurna keimanan dan kualitas ibadah, jika tidak ada keseimbangan antara ibadah ritual dan ibadah sosial.

Ibadah sosial adalah dengan memperbanyak bersedekah, sebagaimana dalam QS. As-Sajdah ayat 16:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ


“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang Kami berikan.” (Qs. As-Sajdah: 16). 

Bersedekah saat 10 hari terakhir ramadhan tidak hanya dengan sedekah wajib berupa zakat fitrah dan zakat mal akan tetapi juga dengan memperbanyak sedekah sunnah bisa dalam bentuk pangan, pakaian, paket sedekah untuk yatim dan dhuafa.

2. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran menjadi salah satu tradisi ibadah bagi umat muslim. Sebagian besar umat islam membaca al-quran sepanjang malam baik di masjid maupun dirumah. Membaca al-quran merupakan ibadah ringan yang memiliki keutamaan besar, tradisi mengkhatamkan al-quran saat ramadhan menjadi kebahagiaan tersendiri. Khususnya bagi mereka yang setiap harinya sibuk dengan aktivitas pekerjaan, sehingga hal tersebut menjadi motivasi agar membaca al-quran lebih giat di 10 hari terakhir ramadhan.

3. Memperbanyak I’tikaf di Masjid

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dalam rangka untuk beribadah kepada Allah SWT dengan berdzikir, berdo’a, membaca AL-Quran, sholat sunnah, bershalawat, bertaubat, dan beristigfar. Namun saat pandemi COVID-19, Kementerian Agama Republik Indonesia menyarankan untuk melakukan i’tikaf di dalam rumah saja. Jika memang ingin melakukan i’tikaf di dalam masjid, maka harus mematuhi protokol kesehatan. I’tikaf berlangsung selama 10 hari terakhir bulan ramadhan.

Oleh karena itu sebaiknya manfaatkan 10 hari terakhir di bulan ramadhan dengan mengamalkan 3 hal di atas dapat menjadikan umat muslim terbebas dari api neraka. Karena 10 malam terakhir amatlah sangat mahal.

Sumber :

https://kemenag.go.id/read/amalan-penting-di-10-hari-terakhir-ramadan-ykok5https://news.detik.com/berita/d-5555403/amalan-10-hari-terakhir-ramadhan-ini-menjanjikan-bebas-api-neraka-catat/2

Tinggalkan Balasan