Makna Idul Fitri dalam Islam dan Tradisi Lebaran

Makna Idul Fitri dalam Islam dan Tradisi Lebaran

Makna Idul Fitri dalam Islam dan Tradisi Lebaran di Indonesia, idul fitri merupakan hari kemenangan atau hari raya bagi umat muslim yang jatuh pada tanggal 1 syawal pada penanggalan hijriyah setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadhan. Dinamakan sebagai idul fitri karena manusia kembali suci seperti bayi yang tidak mempunyai dosa dan salah. Idul fitri sebagai puncak pelaksanaan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Di indonesia idul fitri, selain hari kemenangan juga terdapat serba serbi tradisi yang sangat khas seperti Tunjangan Hari Raya (THR), mudik, ketupat, takbir keliling, baju baru dan halal bihalal. Idul fitri bagi masyarakat indonesia selalu identik dengan memakai baju baru, tetapi pada hakikatnya dalam islam bukanlah memakai baju baru melainkan bagi mereka yang ketaatan dan ketakwaannya meningkat setalah menjalankan puasa di bulan ramadhan.

ليس العيد لمن لبس الجديد * انما العيد لمن طاعته يزيد

ليس العيد لمن تجمل باللباس و الركوب

نما العيد لمن غفرت له الذنوب

Bukanlah ied (hari raya) itu bagi orang yang memakai pakain baru
Namun ied (hari raya) adalah bagi orang yang keta’atannya selalu bertambah
Bukanlah ied (hari raya) bagi orang yang berhias dengan pakaian dan kendaraan yang bagus.

SELAMAT-HARI-RAYA-IDUL-FITRI-1442-HIJRIYAH

Shalat Idul Fitri

Melaksanakan shalat pada hari raya idul fitri, hukumnya sunnah muakkadah. Pelaksanaan shalat idul fitri ialah waktu antara terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari ke arah barat. Namun hukumnya sunnah untuk di undur hingga matahari naik satu tombak atau kurang lebih 7 dziro’ dalam pandngan mata.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri

Tata cara melaksanakan shalat idul fitri yaitu yang pertama berniat dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram. Niatnya sebagai berikut:

صَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”
lalu membaca doa iftitah, diikuti dengan takbir tujuh kali. Diantara takbir yang tujuh kali tersebut diselingi dengan membaca tasbih Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar

Takbirnya sunnah dinyaringkan dan dzikirnya sunah disamarkan. Setelah itu membaca Surat Al-Fatihah, lalu membaca Surah Qâf.

Baca Juga Menunaikan Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

Pada rakaat kedua, takbir sebanyak lima kali selain takbir bangun dari sujud. Kemudian membaca Surat Al-Fatihah, membaca Surah Iqtarabat.

Disunahkan pula mengangkat kedua tangan pada setiap takbir, juga meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri. Namun perlu diketahui bahwa mengangkat kedua tangan ketika takbir tujuh kali bukanlah termasuk fardhu atau sunnah ab’ad melainkan sunnah hay-at, makruh untuk ditinggalkan.

Tradisi Idul Fitri di Indonesia

Di Indonesia, Idul Fitri tidak hanya merupakan bagian dari perayaan keagamaan, melainkan juga terselip tradisi-tradisi khas ketimuran yang hanya ada di negeri ini. Berikut kami kutipkan 7 tradisi yang ada di Indonesia berkaitan dengan Idul Fitri.
Mudik

Setiap tahun, tepatnya setiap Idul Fitri, masyarakat yang hidup di perkotaan pulang ke kampung halamannya. Juga para santri dan para mahasiswa yang sedang belajar di ibu kota atau di Pulau Jawa turut berduyun-duyun pulang ke kampung asalnya masing-masing. Mereka pulang kampung dengan ikut pesawat, kapal, ada juga yang ikut kereta api maupun kendaraan pribadi.

Hanya saja untuk tahun ini, di tengah wabah pandemi Covid-19, kemungkinan arus mudik tidaklah padat seperti tahun-tahun sebelumnya, karena masyarakat sedang mengikuti kebijakan pemerintah untuk melakukan pembatasan jarak.

Itulah penjelasan mengenai Makna Idul Fitri dalam Islam dan Tradisi Lebaran di Indonesia. Mulai dari hal yang bersifat keagamaan seperti shalat idul fitri hingga tradisi yang hingga kini masih berlangsung.

Sumber :

http://www.tintahijau.com/milenial/hijrah/20164-hakikat-idul-fitri-dalam-islam-hingga-sejumlah-tradisi-lebaran-di-indonesia#:~:text=Secara%20Umum%20Idul%20Fitri%20adalah,ibadah%20puasa%20di%20bulan%20Ramadhan.

Tinggalkan Balasan